Senin, 26 Agustus 2013

Input Data Siswa Masal

Input Data Siswa Masal. Bagi operator sekolah saat ini mungkin sedang sibuk input data siswa di Web Padamu Negeri. Daripada data siswa dimasukan satu persatu, ada cara yang lebih mudah yaitu dengan cara Upload data siswa dalam format Excel. Dengan cara ini tentunya akan menghemat waktu untuk berlama-lama di depan komputer/laptop. Seperti kita ketahui bahwa pengisian EDS bukan hanya di lakukan oleh guru dan kepala sekolah, melainkan juga di lakukan oleh siswa. Pada EDS Siswa mensyaratkan setiap siswa wajib memiliki akun login untuk akses ke PADAMU NEGERI dengan tata cara sebagai berikut:
  • Admin/Operator Sekolah mendaftarkan data akun siswa melalui SIAP Sekolah Edisi Gratis masing-masing.
  • Admin/Operator mencetak surat tanda bukti akun login setiap siswa dan diserahkan kepada siswa bersangkutan.
  • Siswa login ke situs http://padamu.siap.web.id dan mengisi angket EDS secara online langsung mandiri.
  • Jumlah siswa per sekolah untuk mengisi angket EDS minimal 30 koresponden.

Untuk langkah login dan sebagainya saya yakin anda sudah sangat hafal, tidak perlu dibahas. Setelah anda login silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini.
  1. Klik tombol layanan administrasi sekolah;
  2. Klik tombol Siswa dan Alumni;
  3. Pilih menu Siswa;
  4. Pilih menu daftar siswa;
  5. Pilih tombol unggah/upload;
  6. Unduh format data siswa (xls)
Selanjutnya anda mengisi format daftar siswa menggunakan Microsoft excel.
Catatan :
Agar proses unggah data berjalan lancar, pastikan tidak merubah format kolom pada excel, pada kolom kode sistem, biarkan kosong karena akan diisi secara otomatis oleh sistem, pastikan semua sel berformat teks, ingat kesalahan biasanya pada pengisian kolom tanggal lahir (yyyy-mm-dd) harus berformat teks  atau bisa juga berformat general, jangan format date, begitu juga untuk nomor induk harus berformat teks bukan number.

Setelah selesai melakukan edit data, silahkan simpan file excel tersebut. Buka kembali menu unggah data siswa, kemudian pilih file yang akan diunggah dan klik unggah untuk mengunggah data siswa. Apabila tidak ada kesalahan data siswa bisa dilihat pada akun sekolah anda. Jika teerjadi kesalahan segera perbaiki data anda yang salah, untuk lebih mudahnya unduh saja pesan kesalahan file anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar