- A. gafik
- B. bagan
- C. gambar
- D. diagram
2. Untuk menghaluskan gambar pada tahap akhir pembuatannya dibutuhkan pensil yang
mempunyai ciri...
- A. pensil yang ujungnya runcing
- B. guratanya keras
- C. ujung pensil tumpul
- D. guratanya lembut
3. Dari gambar di bawah ini yang memiliki komposisi gambar yang baik dengan tema buah-
buahan....
Gambar yang baik dengan tema buah-buahan adalah (2) karena memenuhi prinsip kesatuan yaitu kesatuan obyek yang saling mendukung.
4. Untuk membersihkan potongan gambar yang lurus sebaiknya kita menggunakan alat
pemotong berupa...
- A. cutter dan penggaris
- B. gunting, pensil, dan penggaris
- C. pisau dan penggaris
- D. silet
5. Judul gambar biasanya ditulis secara besar, artistik dan berwarna. Untuk
menghasilkannya dilakukan dengan cara...
- A. mencari melalui majalah/koran
- B. menulis dengan spidol
- C. menggunakan pinsil 2B
- D. menggunakan stabilo
6. Dilihat dari sisi kemudahan mencari peralatan dan murahnya biaya memperbesar
gambar, maka teknik yang paling efisien yaitu teknik...
- A. proyeksi
- B. pantograf
- C. kotak-kotak
- D. fotocopy
7. Pak Andi guru IPS kelas IV akan membahas pokok bahasan strutur kecamatan agar
murid-muridnya dapat cepat memahami materi yang dijelaskan sebaiknya menggunakan
bagan...
- A. garis waktu
- B. organisasi
- C. klasifikasi
- D. aliran
9. Grafik yang membandingkan antara beberapa hal dalam kesatuan waktu adalah...
- A. circle graph
- B. line graph
- C. personal graph
- D. bar graph
Grafik yang membandingkan beberapa hal dalam kesatuan waktu dalah grafik garis (line graph(B)
10. Dalam membuat media pembelajaran berupa grafik, satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah....
- A. penyajian angka dalam bentuk visual
- B. kebutuhan untuk menyajikan informasi yang bersifat kronologis
- C. mempunyai fungsi untuk menyampaikan berita
- D. digunakan untuk menarik perhatian sekelompok masyarakat
Grafik adalah gambar sederhana yang menggunakan titik-titik, garis atau gambar. Untuk melengkapinya seringkali simbol-simbol verbal digunakan. Grafik merupakan suatu bentuk penyajian visual yang dipakai untuk membandingkan perbedaan jumlah dari data pada saat-saat yang berbeda-beda.(A)
11. Sebuah poster menunjukan gambar harimau jawa yang mati terkulai berdarah keplanya. Dibelakangnya seorang pemburu berdiri memegang senapan(digambarkan agak jauh). Pesan yang ingin disampaikan yang paling tepat adalah...- A. dilarang memburu harimau
- B. lestarikan binatang harimau
- C. dilarang menembak harimau
- D. berburu adalah pekerjaan tercela
12. Rencana untuk menjelaskan bentuk dan warna suatu benda dengan cara menunjukkan
foto dari benda tersebut, merupakan pengertian dari perencanaan elemen visual dalam
kategori bentuk visual yang....
- A. analogik
- B. organisasional
- C. realistik
- D. realisme
a) Realistik, maksudnya visualisasi menunjukkan objek yang sebenarnya (contoh Foto dari
suatu benda yang menunjukkan aslinya),
b) Analogik, maksudnya visualisasi menunjukkan sesuatu yang lain yang mempunyai
kesamaan dengan benda aslinya (contoh Aliran air di dalam plastik yang transparan
untuk memvisualisasikan arus listrik),
c) Organisasional, maksudnya visualisasi menunjukkan hubungan beberapa hal yang
divisualkan (contoh Bagan Organisasi).(C)
13. Bentuk yang paling tepat untuk mengatur elemen-elemen visual dan verbal jika kita
menyajikan tingkatan dan kedudukan dalam perusahaan adalah dengan menggunakan
bentuk dasar huruf ...
- A. T
- B. O
- C. S
- D. U
Penyajian elemen visual dan verbal untuk tingkatan dan keduduan dalam sebuah perusahaan dengan menggunakan bentuk dasar huruf T (A)
14. Berikut ini adalah beberapa aspek langkah perencanaan pembuatan media yang berurutan secara benar....
- A. mengembangkan tujuan, membuat outline, mempertimbangkan peserta didik
- B. bekerja dalam tim, mempertimbangkan peserta didik, membuat outline
- C. membuat outline, mengembangkan tujuan, bekerja dalam tim
- D. mengembangkan tujuan, mempertimbangkan peserta, membuat outline
1) Perencanaan dan kreatifitas.
2) Mulai dengan kegunaan atau ide yang berhubungan dengan kebutuhan suatu kelompok
siswa.
3) Memotivasi, memberi informasi atau mengajarkan sesuatu.
4) Mengembangkan tujuan
5) Mempertimbangkan audience (objek sasaran, usia, tingkat pendidikan, pengetahuan, keterampilan, sikap, konteks budaya, perbedaan individual)
6) Membuat outline (garis kerangka)
7) Bekerja dalam tim (terdiri dari berbagai keahlian)(D)
15. Kepanjangan OHP yang benar adalah....
- A. Overhead Projector
- B. Overhead High Projector
- C. Overhigh Projector
- D. Overhigh Head Projector(A)
- A. meja kaca ke cermin bawah lalu ke cermin atas
- B. cermin bawah melalui meja kaca ke cermin atas
- C. cermin bawah ke cermin atas lalu ke meja kaca
- D. meja kaca ke cermin atas lalu ke layar
Pada umumnya OHP terdiri dari bagian-bagian yang antara lain terdiri dari : (l) kotak
bawah/badan, (2) kaca landasan, (3) lensa fresnel, (4) lampu, (5) reflector(pemantul), (6) tombol, (7) fan pendingin lampu, (8) kotak atas/kepala, (9) lensa, (10) cermin, (11) batang penyangga, dan (12) pengatur fokus. Objek (transparan) yang diletakkan di atas kaca landasan (2) mendapat sinar dari lampu (4) untuk memperkuat cahaya lampu, lampu dilengkapi dengan reflektor (5) sebelum menembus objek, sinar lampu melewati lensa fresnel (3), yang mempunyai sifat mengumpulkan sinar. maka setelah menembus objek, cahaya terkumpul dan diterima serta dibias kan oleh lensa (9a), mengenai cermin datar (10), yang memantulkan cahaya melewati lensa (9b). oleh lensa (9b) cahaya dibiaskan ke layar, terjadilah projeksi isi dari filem transparansi. agar projeksi pada layar dapat mempunyai bentuk yang sesuai dengan bentuk gambar/tulisan yang ada pada filem transparansi, letak layar harus tegak lurus terhadap sumbu lensa 9b (frontal).(B)
17. Penggunaan OHP memiliki kelamahan yaitu...bawah/badan, (2) kaca landasan, (3) lensa fresnel, (4) lampu, (5) reflector(pemantul), (6) tombol, (7) fan pendingin lampu, (8) kotak atas/kepala, (9) lensa, (10) cermin, (11) batang penyangga, dan (12) pengatur fokus. Objek (transparan) yang diletakkan di atas kaca landasan (2) mendapat sinar dari lampu (4) untuk memperkuat cahaya lampu, lampu dilengkapi dengan reflektor (5) sebelum menembus objek, sinar lampu melewati lensa fresnel (3), yang mempunyai sifat mengumpulkan sinar. maka setelah menembus objek, cahaya terkumpul dan diterima serta dibias kan oleh lensa (9a), mengenai cermin datar (10), yang memantulkan cahaya melewati lensa (9b). oleh lensa (9b) cahaya dibiaskan ke layar, terjadilah projeksi isi dari filem transparansi. agar projeksi pada layar dapat mempunyai bentuk yang sesuai dengan bentuk gambar/tulisan yang ada pada filem transparansi, letak layar harus tegak lurus terhadap sumbu lensa 9b (frontal).(B)
- A. tidak dapat digunakan berulang-ulang
- B. sulit disimpan secara tertur
- C. sulit diperbanyak dengan apapun
- D. tidak dapat memproyeksikan tulisan pada kertas.
Kelemahan OHP diantaranya tidak bisa dipakai, dalam kondisi atau keadaan tertentu, misalnya saja OHP memerlukan tenaga listrik untuk menyalakan dan tergantung pada plastik bening yang digunakan untuk transparansi. OHP juga menuntut perhatian khusus untuk menghindari kerusakan pada saat medium digunakan. Kelemahan lainnya adalah bahwa OHP tidak memproyeksikan tulisan atau gambar langsung dari buku, majalah, dsb. Sebelum diproyeksikan bahan- bahan tersebut harus diproduksi diatas sebuah transparansi. Disamping itu transparansi hanya dapat menampilkan gerakan-gerakan yang sangat terbatas.(D)
18. Prinsip kesederhanaan pada rancangan transparansi maksudnya adalah...
19. Perilaku pengajar yang mengganggu perhatian siswa saat mengajar menggunakan OHP
- A. tidak menggunakan gambar yang beraneka rupa
- B. tidak menggunakan warna yang beraneka rupa
- C. dibatasi hanya satu konsep atau topik penting saja
- D. dibatasi hanya menggunakan satu huruf saja
19. Perilaku pengajar yang mengganggu perhatian siswa saat mengajar menggunakan OHP
adalah....
- A. menunjuk transparan dengan menggunakan pensil/pulpen
- B. meletakan pinsil/pulpen di atas transparansi
- C. membaca pesan langsung pada layar
- D. membaca pesan langsung pada transparansi
20. Jenis transparansi write on film yang dipergunakan dalam memproduksi trasparansi
menggunakan teknik...
- A. tangan
- B. thermofax
- C. mesin fotocopy
- D. komputer
21. Transparansi dapat dibuat dengan cara tidak langsung dengan cara menyediakan terlebih dahulu bahan orisinil yang telah dirancang pada kertas HVS, kemudian difotocopy dan dimasukan ke dalam mesin. Teknik semacam ini merupakan teknik tidak langsung, yaitu...
- A. thermofax
- B. photo copier tranparancies film
- C. computer printed tranparancies
- D. komputer
Transparansi menjadi semakin lebih populer sejak transparansi dapat diproses melalui foto copy dengan kecepatan yang sama seperti thermofaxmachine. Mesin foto copy ada dua jenis yaitu hitam-putih dan bewarna. Membuat transparansi dengan mesin ini, terlebih dahulu harus menyiapkan rancangan pesan atau art work. Rancangan tersebut disiapkan terlebih dahulu sebelum diproyeksikan.(B)
22. Peran media sederhana adalah sebagai berikut, kecuali....- A. meningkatkan partisipasi belajar
- B. memberikan pengalaman baru
- C. optimalisasi panca indera anak
- D. merangsang imajinasi anak
Media sederhana merupakan media yang mudah didapat atau dibuat dan akrab dengan lingkungan dimana terjadi proses pembelajaran. Alasan perlunya pengembangan media sederhana diantaranya ialah :
1) keyakinan bahwa penggunaan media yang sesuai dengan materi pelajaran dan karakteristik anak didik mampu memberikan suatu pengalaman baru yang bisa
mengubah perilaku (pengetahuan, nilai-nilai atau suatu kecakapan/keterampilan) melalui
aktivitas kejiwaan sendiri,
2) optimalisasi pancaindera anak dalam belajar,
3) mampu merangsang imajinasi anak dan memberikan kesan yang dalam jika diciptakan
dan digunakan secara seimbang dan sesuai dengan materi pelajaran,
4) mudah, efektif dan akrab dengan lingkungan. (A)
23. Perhatikan TIK berikut
Setelah dicontohkan dengan mengelompokkan berbagai jenis tanaman sesuai dengan
jenisnya siswa kelas 2 SD diharapkan dapat menjelaskan konsep himpunan dengan
benar. Untuk menunjang pencapaian TIK di atas, jenis tumbuhan yang dapat digunakan
sebagai media yang sesuai dengan tingkatan usia siswa adalah....
- A. pohon-pohon yang dibonsai
- B. bunga sepatu dan kamboja
- C. beberapa jenis bunga anggrek
- D. rumput-rumputan
24. Ada beberapa kompetensi yang perlu dikuasai guru dalam menggunakan media
sederhana, diantaranya adalah....
- A. menseleksi media secara tepat
- B. merawat media dengan baik
- C. mengevaluasi media sederhana
- D. mendesain media sederhana
1) Kemampuan menyeleksi media dari bahan-bahan sederhana yang telah tersedia secara
tepat dan relevan dengan program pelajaran,
2) Kemampuan untuk menyusun sendiri dan menggunakannya secara baik dan benar(A)
25. Jika akan menjelaskan mata ajar bahasa Indonesia dengan topik mengungkapkan
perasaan kesukaan dan ketidaksukaan pada siswa kelas 2 SD, maka media sederhana
yang digunakan untuk memusatkan perhatian siswa adalah...
- A. berbegai macam media yang bayak dijual di toko
- B. berbagai macam gambar tempel yang berhubungan dengan benda sekitar siswa yang dapat dipilih dan ditempel siswa
- C. tumbuh-tumbuhan yang terdapat di sekitar sekolah
- D. berbagai media permaianan yang terdapat di sekitar sekolah
26. Berikut ini yang merupakan tujuan pembuatan media sederhana yang terkait dengan
satu dengan yang lain adalah....
- A. membangun komunitas pendidikan berbasis luas
- B. memberdayakan barang-barang di lingkungan sekitar
- C. meningkatkan kepedulian guru dengan lingkungan sekitar
- D. meningkatkan motivasi guru untuk mengajar
27. Contoh media dalam bentuk permainan yang bisa menjadi pedoman guru adalah
permainan...
- A. manipulatif
- B. imajinasi
- D. dengan nyanyian
- D. membaca
- Permainan imajinatif untuk latihan pengembangan imajinasi dan kreasi siswa
- Permainan membaca, membentuk model bangunan, nyanyian, membentuk pasir, dan
sebagainya.
28. Pak Adi mengajak siswanya keluar dari ruang kelasnya untuk menggambar pemandangan yang dilihatnya dan menggunting gambar-gambar untuk ditempel sebagai pelengkap gambarnya. Kegiatan tersebut merupakan contoh pemanfaatan lingkungan untuk menunjang perkembangan....
- A. motorik kasar
- B. daya pikir
- C. daya cipta
- D. motorik halus
Kemampuan motorik halus adalah kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata-tangan. Saraf motorik halus ini dapat dilatih dan dikembangkan melalui kegiatan dan rangsangan yang kontinu secara rutin. Seperti, bermain puzzle, menyusun balok, memasukan benda ke dalam lubang sesuai bentuknya, membuat garis, melipat kertas dan sebagainya.
Berikut perkembangan motorik halus anak berdasarkan tahapan usianyaANAK USIA 3 TAHUN
menggambar mengikuti bentuk
menarik garis vertikal, menjiplak bentuk lingkaran
membuka menutup kotak
menggunting kertas mengikuti pola garis lurus
ANAK USIA 4 TAHUN
menggambar sesuatu yang diketahui, bukan yang dilihat
mulai menulis sesuatu dan mampu mengontrol gerakan tangannya
menggunting zig zag, melengkung, membentuk dengan lilin
menyelesaikan pasel 4 keping
ANAK USIA 5 TAHUN
melipat
menggunting sesuai pola
menyusun mainan konstruksi bangunan
mewarnai lebih rapi tidak keluar garis
meniru tulisan
29. Salah satu kegunaan komputer adalah untuk pekerjaan word processing. Hal ini
berkaitan dengan pekerjaan...
- A. merancang dan membuat grafik ketika membuat media cetak
- B. mengolah kata untuk pengetikan, penyuntingan, dan penyusunan tata letak
- C. mengolah dan menganalisis data-data hasil penelitian
- D. menyimpan berbagai data yang dimiliki agar aman dan terawat (B)
koordinasi dalam proses pengolahan data merupakan kegunaan dari...
- A. CPU
- B. Printer
- C. monitor
- D. plotter (A)
- A. spread sheet
- B. desktop publishing
- C. word processing
- D. database (C)
diantaranya adalah....
- A. meletakkan ikon panah pada ikon word dengan maouse dan mengliknya beberapa kali
- B. meletakkan ikon panah pada ikon word dengan maouse dan mengliknya satu kali
- C. meletakkan ikon panah pada ikon word dengan maouse dan mengliknya dua kali
- D. meletakkan ikon panah pada ikon word dengan maouse dan mengliknya tiga kali(C)
langkah.....
- A. membuka folder dan file
- B. menanamkan kembali file
- C. mencari dan menemukan file
- D. mengkopi dan memindahkan file (C)
- A. menjelajah web
- B. program untuk menjelajah web
- C. penjelajah web
- D. pencipta/pembuat web(C)
website kecuali...
- A. www.download.com
- B. www.yahoo.com
- C. www.googles.com
- D. www.altafista.com(A)
adalah...
1) kertas karton
2) pensil
3) pantograph (1 dan 2)(A)
37. Yang termasuk struktur atau bangun pada saat kita menggambar alam dan corak
adalah..
1) daun pohon mangga
2) atap rumah
3) hewan
(1, 2, dan 3)(D)
38. Dalam membuat poster kita harus mempertimbangkan hal-hal berikut
1) menggunakan kombinasi gambar dan tulisan yang menarik
2) menyesuaikan dengan data yang akan disajikan
3) tidak sulit menafsirkan pesan yang akan disajikan
(1 dan 3) (B)
39. Buletin board mengandung unsur..
1) dekoratif
2) motivasi
3) instruksional
Papan bulletin digunakan untuk menggambarkan penampilan umum dari suatu kelas. Bulletin board dapat berisi berita, pengetahuan, pesan singkat dan sebagainya. Jadi fungsinya hampir sama dengan majalah dinding hanya saja bulletin board banyak dipergunakan untuk pengetahuan yang sederhana. Bulletin board mengandung 3 unsur yaitu : unsur dekoratif, motivasi, instruksional. Bulletin board dapat bersifat memotifasi siswa yaitu apabila dipergunakan untuk menempelkan karya siswasehubung dengan pekerjaan tertentu, misalnya : gambar siswa yang telah diwarnai, puisi karya siswa sendiri, dan sebagainya. Karena itu harus menarik, rapi, up to date, dan dinamik. Papan bulletin menampilkan suatu aktivitas belajar yang sedang berlaku di ruangan itu. Oleh karenanya harus mempunyai fungsi pendidikan. Papan bulletin banyak dibuat dari bahan gabus linoluim, kain guni (burlap) atau bahan-bahan sejenis.(1. 2, dan 3)(D)
40. Faktor-faktor yang memengaruhi keseluruhan tampilan display yaitu...
1) kelurusan
2) bentuk
3) keseimbangan
Faktor –faktor yang mempengaruhi keseluruhan penampilan display adalah sebagai berikut :a. Kelurusan
Ketika elemen-elemen utama dalam display diletakkan, maka akan tampak dengan jelas hubungan masing-masing visual. Audience akan terganggu perhatiannya jika kita tidak meluruskan elemen-elemen tersebut baik secara vertikal maupun horisontal. Kita dapat membuat garis lurus bingkai untuk mengesankan kelurusan.
b. Bentuk
Cara lain untuk mengatur elemen-elemen visual dan verbal adalah dengan meletakkannya dalam bentuk yang sudah dikenal oleh audience. Figur geometris sederhana seperti segitiga atau lingkaran merupakan bingkai yang sangat akrab dengan aedeince. Prinsip lain yang dapat membantu menempatkan visual adalah aturan tiga-tiga yaitu elemen-elemen disususn berdasarkan pembagian permukaan display menjadi sepertiga-sepertiga (horisontal dan vertikal dibagi tiga bagian).
c. Keseimbangan
Keseimbangan akan dirasakan secara psikologis oleh audience jika ‘berat’ dari elemen-elemen dalam display secara rata terbagi. Untuk penyebaran elemen dalam suatu wilayah kita dapat menggunakan model asimetris atau keseimbangan informal.
d. Gaya
Audience dan setting yang berbeda menghendaki gaya disain yang berbeda. Jangan menggunakan gaya yang sama untuk tingkat usia yang berbeda atau suasana yag berbeda. Untuk anak SD, gaya disain biasanya lebih populer /informal dimana unsur menyenangkan audience cukup dominan.
e. Warna
Pemilihan warna perlu memperhatikan kekontrasan dan keharmonisan. Tujuan memperhatikan kekontrasan adalah agar mudah dibaca oleh audience. Jangan sampai huruf sulit dibaca karena warna huruf tidak kontras dengan warna dasar.(1, 2, dan 3)(D)
45. OHP dapat membantu penghematan waktu presentasi, maksudnya...1) tidak butuh waktu menulis /menggambar pada saat presentasi
2) sistematis saat presentasi
3) materi yang terlihat di layar mudah dibaca
(1 dan 3)(B)
46. Jenis tumbuhan yang digunakan sebagai media sederhana adalah tumbuhan yang ...
1) banyak terdapat di sekitar peserta didik dan sudah dikenalnya
2) menghasilkan nilai ekonomis bagi daerah anak didik
3) memiliki harga jual yang relatif murah
Jenis tumbuhan yang digunakan sebagai media sederhana adalah yang terdapat dilingkungan sekitar peserta didik dan memiliki harga jual yang murah(1 dan 3)(B)
47. Alasan guru memanfaatkan tumbuhan sebagai media sederhana adalah....
1) meningkatkan kreatifitas dan imajinatif siswa
2) pengenalan berbagai keanekaragaman sumber hayati
3) meningkatkan keingintahuan mata pelajaran bahasa
Ada sejumlah alasan penting yang menjadikan tumbuhan bisa dijadikan sebagai media sederhana dalam menjelaskan materi pelajaran. Alasan penting yang dapat dijadikan pegangan guru adalah sebagai berikut :
1. Pengintegrasian materi lokal
2. Meningkatkan daya tarik mata pelajaran IPA
3. Peningkatan kesadaran tentang lingkungan hidup yang sehat
4. Pengenalan dan penghargaan adanya berbagai keanekaragaman sumber daya alam hayati
di Indonesia
5. Meningkatkan kreativitas dan imajinatif anak didik.(1 dan 2) (A)
48. Dalam memilih media sederhana dari barang bekas, guru perlu berpedoman pada...1) ciptakan media yang bisa meningkatkan konsentrasi siswa
2) kembangkan media yang berfungsi sebagai media belajar untuk kelompok
3) pilihan media yang dapat dibuat sendiri oleh siswa atau kelompok
Barang bekas dan barang sederhana merupakan solusi mengatasi kendala biaya dalam pengadaan media pembelajaran. Disini guru dituntut untuk kreatif untuk membuat dan mengembangkan sendiri media pembelajaran yang berasal dari barang bekas dan barang sederhana, dengan berpedoman kepada rambu-rambu berikut :
1. Gunakan barang bekas atau barang sederhana yang murah dan mudah didapat,
2. Media yang dibuat hendaklah yang bisa meningkatkan perhatian dan pemahaman siswa,
3. Bahan yang dikembangkan hendaklah yang bisa menciptakan siswa berpikir kritis,
mengundang siswa selalu ingin bertanya, ingin tahu dan ingin mencari kebenaran.
4. Bahan yang digunakan hendaklah yang bisa merujuk kepada upaya mendorong
kemampuan siswa untuk memahami dan mengingat secara tegas dan jelas materi
pembelajaran yang disajikan,
5. Media yang dibuat harus mampu memberikan kebersamaan bagi siswa dengan kondisi
yang menyenangkan dalam mengikuti pelajaran,(1 dan 2)(A)
49. Apabila kita ingin siswa dapat membedakan pohon berakar tunggal dan serabut,
lingkungan yang dipergunakan adalah...
1) kebun
2) pekarangan
3) pinggir jalan
(1, 2, dan 3)(D)
50. Perangkat fisik dari komputer terdiri dari...
1) input devices
2) central processing unit
3) disket
Komponen Komputer
Komponen Hardware
1) Input Devices, yaitu sarana yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam sistem komputer, contohnya Mouse (untuk mengarahkan kursor/panah petunjuk atau pointer dan menjalankan perintah dengan cara menekan pada ikon atau titik tertentu), Keyboard (untuk memasukkan data berupa angka, huruf atau fungsi tertentu), Touch Screen (layar sentuh), Scanner (untuk merekam gambar atau objek yang diletakkan diatasnya ke dalam sistem komputer), Camera Digital (untuk merekam gambar atau objek dengan lensa yang ada padanya lalau dimasukkan ke dalam sistem komputer).
2) Central Processing Unit (CPU), yaitu sarana yang berfungsi mengolah dan menyimpan data atau informasi yang masuk melalui input devices. Oleh karena itu CPU disebut sebagai otaknya komputer, fungsi utamanya adalah membaca dan menginterpretasikan tugas-tugas yang diberikan melalui program atau software. Ia berperan pada aktivitas koordinasi dalam proses pengolahan data.
3) Output Devices, yaitu sarana yang berfungsi menampilkan data yang sudah diolah oleh CPU menjadi informasi yang dapat dibaca atau dilihat berupa tayangan atau softcopy oleh Monitor, atau dicetak di kertas berupa hardcopy oleh Printer atau Plotter (mesin cetak untuk memproses gambar dalam ukuran besar).(1, dn 2)(A)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar